Penulis hebat karna membaca (mari belajar pada JK Rowling)

“Ketika melihat kesuksesan orang lain, maka janganlah lihat apa yang sekarang di capai melainkan lihatlah bagaimana proses yang pernah dia lalui” Demikian kata orang bijak.
 
Saya sedang membaca dongeng dengan siswa-siswa SDN 24 Ampia Rayo, Kec. Batipuh. Kab. Tanah Datar - Sumbar

Ketika kita melihat karya-karya penulis hebat terkadang membuat kita terkagum-kagum. Bahkan kita ingin seperti mereka. Tapi sesungguhnya para penulis itu adalah mereka yang pernah seperti kita. Mereka yang pernah tertatih-tatih dalam menulis. Mereka yang pernah salah dalam menulis atau mungkin yang pernah minder dalam memublikasikan tulisannya.
Para penulis hebat itu bukanlah lahir begitu saja, langsung menjadi penulis hebat. Tapi mereka pernah melalui proses dan terpaan tantangan. Dengan tantang itu mereka terus belajar, terus berlatih, terus mencoba hingga karyanya bisa di hebat dan nikmati.

Ibarat pekerjaan lain, menulis juga memiliki syarat-syarat untuk menjadi penulis yang baik. Selain yang disebutkan di atas tentang perlunya melewati tantangan dalam menulis, juga tak kalah pentingnya adalah perlunya kekayaan kosa kata. Karena kosa katalah yang akan merangkai ide-ide dalam pikiran dan nantinya dijewantahkan dalam tulisan.

Membaca syarat menulis

Pertanyaannya: dari  mana di dapatkan kosa kata itu? Sumber utama untuk mendapatkan kekayaan kosa kata adalah membaca. Hemat saya, penulis adalah orang yang mampu merangkai isi pikirannya dengan kata-kata kemudian di ukirkan dalam tulisan. Kadang banyak yang memiliki ide dalam pikirannya tapi kadang sulita menemukan atau tidak memiliki kosa kata yang pas untuk mengungkapkannya.

Siapa yang tidak mengenal JK Rowling? Penulis cerita Harry Potter yang legendaris ini, bukanlah orang yang tidak biasa membaca buku. Kata-kata yang ada di atas kertas dalam setiap tulisannya tidak mungkin hadir begitu saja. Sejak kecil dia telah terbiasa membaca buku-buku cerita. Di antaranya adalah buku karangan Paul Gallico yang berjudul Manxmouse. Dalam buku ini diceritakan tentang makhluk aneh dalam tubuh tikus. Makhluk ini juga memiliki telinga seperti kelinci dan kaki layaknya monyet. Dengan ketekunan membacanya inilah JK Rowling menjadi penulis hebat bahkan di sinyalir menjadi penulis terkaya di dunia.

Selain itu juga, membaca dapat memperluas wawasan sehingga dalam menulis kita memiliki banyak cara pandang untuk menguraikan sesuatu.

Membaca juga tidak bisa di maknai secara sempit. Bukan sekadar di maknai dengan hanya membaca tulisan (teks) saja. Membaca adalah sebuah proses penangkapan terhadap realitas apa saja. Ketika mendengar sebuah kabar, itu juga dapat di kategorikan membaca. Terlebih lagi jika di analisis lebih dalam tentang kabar tersebut, sehingga menghasilkan pengetahuan-pengetahuan baru. Singkatnya membaca adalah proses penangkapan segala makna.

Apalagi jika di telusuri ke belakang, tulisan atau teks adalah belakangan hadir. Budaya menulis didahului oleh budaya membaca karena manusia lebih awal mengenal ucapan verbal sebelum tulisan. Sehingga tidak salah jika tulisan merupakan tanda majunya sebuah peradaban.

Mengakhiri sedikit celoteh ini, saya teringat ucapan seorang sahabat. Beliau berkata: “Mungkin semua burung beo bisa bicara tapi tidak semua bisa menulis”. Silahkan pembaca memaknai sendiri.

Slamat menulis. Mari saling menyebarkan kebaikan.

*tulisan ini hasil pengalaman dan perenungan. Serta tidak bermaksud menggurui, hanya saling mengingatkan. Salam damai..

~Makassar, 16 Desember 2013

Komentar

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus

Posting Komentar