Diundang di bazar

segelas kopiku dan peserta diskusi

Minggu lalu di Makassar, saya diundang di salah satu diskusi yang diadakan oleh sebuah organisasi mahasiswa. Saya jadi salah satu pembicara di situ. Diskusi itu adalah bagian dari acara bazar untuk penggalangan dana untuk membiayai program kerja yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Dengan kata lain, bazar sambil diskusi.

Topiknya seputaran gerakan mahasiswa melalui wadah organisasi. Topik yang klasik sebenarnya dan sering membosankan. Tapi tetap perlu diwacanakan karena banyak yang belum paham. Sebagai pembicara, saya juga masih banyak yang belum saya paham.

Cukup banyak peserta di forum diskusi yang dilaksanakan sebuah warung kopi/kafe. Pesertanya beragam, bukan hanya dari anggota organisasi yang menyelenggarakan kegiatan, melainkan juga dari orang yang bukan anggota organisasi tersebut. 

Ruangannya penuh bahkan ‘meluap’ keluar. Namun, menurut saya, banyaknya peserta bukan karena tujuan utamanya menghadiri diskusi. Mereka lebih ingin kumpul-kumpul sambil menikmati ala kadar yang mereka beli di lokasi itu.

seorang peserta bertanya

Ini hal biasa. Hal yang menyenangkan dari acara seperti itu adalah kumpul-kumpul. Bertemu dengan teman-teman dan saling berbagi cerita. Ada juga yang datang untuk cari pacar dan mungkin juga istri. Saya pun demikian. Maksudnya bukan cari pacar atau istri, karena saya sudah punya istri. Hehe. Saya berbincang-bincang cukup lama dengan seorang kawan yang lama tak jumpa. Tentunya setelah diskusi kelar.

Banyak hal yang kami ceritakan. Seolah menumpahkan kerinduan yang begitu banyak. Banyak pengalaman yang tercerita. Kami juga bercerita tentang teman-teman yang lain. Tanpa sadar obrolan kami membawa pada nostalgia-nostalgia masa lalu bersama teman-teman sekolah. Cukup asik.

“Terimakah kasih kak, atas ilmunya” seorang peserta diskusi datang menyalami saya sekaligus minta izin untuk pulang di tengah asiknya saya dan kawan saya bercengkrama. Diskusinya memang sedari tadi telah usai. Saya cukup senang mendengar pengakuannya. “Alhamdulillah,,,ada manfaatnya juga saya berceloteh di forum ini malam ini” gumamku.

~Baubau, 22 maret 2021, jam 12:06 malam. 

Komentar