Rabu, 03 November 2010

Jangan Lupa!!!

Bencana alam yang menimpah negeri telah menyedot perhatian masyarakat Indonesia. Bencana telah menggerakan moral kemanusiaan sehingga rasa duka pun di berikan kepada korban bencana alam tersebut. Tragedi alam ini telah meramaikan media massa sehingga ruang-ruang pikiran masyarakat Indonesia didominasi oleh pemberitaan tersebut. Sebelum media ramai memberitakan fenomena alam ini, masyarakat Indonesia disuguhkan oleh berbagai permasalahan negeri terkait dengan kinerja pemerintah. Sehingga permasalahan yang sebelumnya menjadi tereduksi oleh fenomena alam ini.

Bukannya tidak bersimpati terhadap bencana yang di alami oleh saudara-saudara kita. Namun disini penulis hanya mengingatkan kepada pembaca bahwa jangan kita lupa dengan ketimpangan yang telah dibuat oleh pemerintah kita karna akhir-akhir ini media jarang mempublikasikannya. Selain kita memberikan apa yang kita miliki terhadapa korban bencana juga kita harus terus mengawal dinamika sosial politik negeri ini.

Terdapat relasi antara media massa dan kekuasaan. Dan tak jarang media digunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk kepentingannya tak terkecuali pemerintah. Media massa memilki peran yang sangat besar dalam perubahan sosial. Media massa bisa menggerakan rasa kemanusiaan dan emosi masyarakat. Oleh karna itu sebagai agen perubahan kita harus lebih jelih melihat realitas yang terjadi di negri ini. Jangan sampai media meracuni dan menghegemoni mobilitas informasi yang disuguhkannya kepada masyarakat. Sehingga kita lupa dan mudah di gerakan oleh pemberitaan media massa.
nb:pernah di posting di ngurunto.blogdetik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar