Selasa, 21 Desember 2010

Sepak Bola dan Nasionalisme

Setelah mengalahkan lawan-lawannya, akhirnya tim nasional (timnas) Indonesia sampai pada laga final. Begitu euforia dan antusiasnya masyarakat Indonesia dalam mengawal para timnas ini untuk memenangkan pertandingan. Semua perbedaan melebur menjadi satu dan menuju tujuan yang sama untuk mengalahkan lawan-lawan Indonesia.

Semangat ini sama halnya ketika Indonesia ingin merebut kemerdekaan dari para penjajah. Pada momentum itu, konsentrasi masyarakat Indonesia tertuju pada satu yaitu melawan para penjajah. Meskipun, lawan kita sekarang bukanlah ‘penjajah’ namun semangat itu kini lahir kembali. Sekian banyak peristiwa dalam maupun luar negri yang menimbulkan konflik internal, kini hilang sesaat tatkala pemain timnas Indonesia melawan dan memasukkan bola ke gawang timnas lawan. Dari merauke sampai sabang berteriak gembira. Semua ‘ke-akuan’ berubah menjadi ‘ke- kitaan’, kita Indonesia.

Oleh karna itu Sepak bola tidak dapat dipisahkan dari kehidupan bangsa Indonesia. Olah raga ini dapat menyatukan semua perbedaan dan membangkitkan nasionalisme. Perbedaan yang berpotensi konflik dapat diredamkan dengan adanya olah raga ini. Namun tidak hanya sepak bola, olah raga lain pun memiliki kekuatan membangkitkan jiwa nasionalisme. Semangatlah Garudaku…!!!

Makassar , 21 Desember 2010
ket : telah diposting di ngurunto.blogdetik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar