Senin, 02 Januari 2012

99 Cahaya di Langit Eropa, Perjalanan Menapak Jejak Islam di Eropa

Prolog

Di Eropa pernah mengalami kehidupan abad pertengahan atau dikenal dengan abad kegelapan. Fase kehidupan ini, kekuasan agama (gereja) sangat kuat. Kebebasan berpikir dan perkembangan ilmu pengetahuan sangat dibatasi. Jika terjadi perbedaan apalagi bertentangan dengan otoritas gereja maka akan segera dilenyapkan. Hal itu terjadi pada seorang Galileo Galilei. Ilmuwan ini dibunuh karena melahirkan teori yang bertentangan dengan pihak gereja. Yaitu teori Heliosentrisnya bahwa matahari adalah pusat tata surya sedangkan pihak geraja pada saat itu menyakini konsep geosentris, dimana bumi adalah pusat tata surya. Padahal waktu itu, Copernicus menemukan
teleskop sebagai alat untuk meneropong pergerakan benda-benda angkasa sehingga memperkuat kebenaran teori heliosentris Galileo Galilei.

(gambar: google.com)

Pada saat yang sama, Islam mengalami abad keemasan. Abad dimana ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang dengan pesat. Mulai dari pemikir filsafat sampai penemu tekhnologi islam lebih dulu dibanding eropa (barat). Bahkan sebagian dataran eropa adalah bekas dan pusat kekuasaan islam. Cordoba adalah ibukota Andalusia atau sekarang dikenal dengan Spanyol sebagai pusat islam di eropa. Di kota ini terdapat masjid yang sangat besar yang sekarang telah dirubah menjadi gereja. Ketika islam masih Berjaya dikota ini juga dibangun perpustakaan yang memuat banyak buku-buku karangan pemikir-pemikir muslim. Namun sangat disayangkan ketika dinasti islam runtuh dan kerajaan eropa (gereja) berkuasa maka perpustakaan ini di bakar. Bahkan yang memperkenalkan filsuf yunani kuno seperti sokrates, plato dan aristoteles yang merupakan filsuf yang membangun peradaban barat hari ini adalah islam.

Abad keemasan ini tidaklah selamanya bertahan. Konflik internal dalam dinasti islam serta mulai ditinggalkannya ‘syariat islam’ menjadi sebab utama kemunduran islam. Melihat kemajuan peradaban islam yang begitu maju, eropa (barat) menginspirasinya untuk bangkit dari abad kegelapan menuju abad pencerahan (renaisance). Maka dihancurkanlah doktrin-doktrin gereja dan kampanye kebebasan berpikirpun mulai digalakkan. Pada akhirnya barat mengalami kemajuan yang luar biasa seperti sekarang ini. Dan pada saat yang sama pula islam mengalami kemunduran berpikir dan ilmu pengetahuan. Di saat inilah barat merebut kembali beberapa kekuasaan islam yang pernah ada di eropa serta melakukan kristenisasi. Pada akhirnya sejara berbalik yaitu barat mengalami abad emasan dan islam mengalami kemunduran.

Kemajuan yang dicapai barat tidaklah berbanding lurus dengan moralitas. Di eropa tepatnya di spanyol terdapat patung seorang filsuf yang sengaja diabadikan oleh barat karena kecerdasannya. Dia adalah Averroes yang sebenarnya seorang cendekiawan muslim yaitu Ibnu Rushd. Dia memperkenalakan konsep the double truth doctrine, dua kebenaran yang tak terpisahkan yaitu akal (ilmu pengetahuan/sains) dan wahyu. Sayangnnya barat hanya meyakini kebenaran akal dan menafikan kebenaran wahyu yang sangat menjunjung tinggi nilai moral (kemanusiaan). Salah satu alasannya adalah trauma abad kegelapan yang menyalahgunakan wahyu (agama) untuk mengekang perkembangan ilmu pengetahuan. Maka tidak mengherankan di eropa banyak masyarakatnya sekuler dan ateis.

Resensi

Novel dengan judul 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA, PERJALANAN MENAPAK JEJAK ISLAM DI EROPA ini ditulis oleh dua orang muslim Indonesia. Mereka adalah Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Perjalanan sepasang suami istri ini kemudian diabadikan dalam cerita nonfiksi (novel islami). Perjalananya kedua dimulai dari kota Wina, ibu kota dari Negara Austria sampai akhirnya kembali pada sebuah tempat yang disebutnya sebagai titik nol kehidupan. Atau titik (tempat) dimana Al-Quran diturunkan dan Islam dihadirkan yaitu di Makkah.

Di Austria sebagai tempat ekspansi terakhir kerajaan islam di Eropa, terdapat beberapa museum yang isinya terdapat hal-hal yang menggambarkan tentang adanya jejak islam. Lukisan Kara Mustafa Pasha misalanya, lukisan ini adalah seorang panglima perang Turki (dinasti Utsmania/Ottoman) yang ingin menaklukan kota Austria dalam misi penyebaran islamnya. Selain itu terdapat pula juba seorang raja Eropa yang dibordir dengan kalmiat Tauhid. Muncul keanehan, kenapa sang raja Eropa (Kristen) memakai juba kebesaran dengan bordiran kalimat tauhid? Apakah sang raja sesungguhnya seorang muslim? Di novel ini akan di bahas secara jelas. Tapi yang pasti, inilah bukti kemajuan peradaban islam.

Perjalanan selanjutnya adalah ke kota Paris. Seorang imam masjid di Austria memberikan mereka sebuah kartu nama. Dalam kartu nama tersebut tercantum nama Marion seorang peneliti sejarah islam disebuah lembaga penelitian. Dia juga pernah menjadi mahasiswa disebuah universitas ternama di dunia, Sorbone Univesity. Alhamdulillah pengembaraan ilmunya menyebabkan ia memeluk islam.

Mereka menuju sebuah museum yang sangat monumental. Museum yang setiap tahunnya lebih sepuluh juta manusia datang mengunjunginya. Di dalam terdapat tempat khusus peninggalan-peninggalan sejarah islam. Dengan bantuan Marion yang telah piawai menguasai tempat itu, dia memperlihatkan berbagai ornamen-ornamen yang bertuliskan kaligrafi islam yang memiliki pesan-pesan dakwa. Misalnya sebuah piring yang di bagian bawah tertulis kaligrafi yang melingkat ‘Al-ilmu murrun syadidun fil bidayah, wa ahla minal asali fin-nihayah’. Namun muncul keanehan di piring ini, di tengah kaligrafi, terdapat lambang keseimbangan yin dan yang. Selain berbagai macam ornament, kramik dan peninggalan lainnya terdapat lukisan yang menggelitik untuk dipikirkan. Yah, itu adalah lukisan Bunda Maria yang sedang menggendong Jesus Putranya. Dalam lukisan bunda Maria, beliau memakai kerudung. Anehnya, kerudung yang dipakainya banyak tulisan-tulisan kaligrafi (kufic) yang ternyata bertuliskan kalimat ‘
Apa maksudnya? Novel ini akan menjawabnya.

Perjalanan selanjutnya ke Negara bekas pusat islam di eropa. Negara ini adalah terdapat klub sepakbola raksasa dunia, Barcelona berada yaitu Spanyol (Andalusia). Di spanyol (dulu namanya Andalusia)dengan Ibu kota Cordoba terdapat masjid besar (kini namanya mezquita) yang membuktikan bahwa islam pernah Berjaya di sini. Sayangnnya, masjid ini telah berubah menjadi sebuah gereja setelah ditaklukan raja Ferdinand dan Isabella. Dan yang paling menyakitkan adalah penduduk muslim dan yahudi dipaksa untuk dibaptis memeluk Kristen.

Tidak jauh dari Cordoba terdapat kota Grana. Kota ini terdapat istana Al-Hambara, dimana istana terakhir ditaklukan sebelum kerajaan islam di Andalusia runtuh. Disinilah Sultan Boabdil menyerah akibat serangan Ferdinand dan Isabella dengan perjanjian agar umat muslim dihormati dalam menjalankan ibadahnya. Namun Ferdinand dan Isabella tidaklah menepati janjinya, karena umat islam harus dipaksa untuk memeluk Kristen.

Selanjutnya adalah ke Turki. Sebelumnya turki tepatnya di Istambul adalah pusat kristen byzantium Romawi Timur (konstatinopel). Karena kemenangan kaum muslim yang dipimpin oleh Muhammad Al-Fatih maka ditaklukanlah dan dijadikan sebagai pusat dinasti Utsmania atau Ottoman. Sebenarnya di Turki terdapat tiga bangunan bersejarah yaitu Hagia Sophia, Blue Mosque (Masjid Biru) dan Topkapi Museum.

Hagia Sophia adalah sebuah Museum. Ketika Byzantium Romawi berkuasa museum ini adalah sebuah gereja megah. Setelah dinasti utamania berkuasa gereja ini kemudian dirubah menjadi Masjid besar. Namun berbeda dengan Mezquita di spanyol yang berusaha membuka ikon-ikon masjid peninggalan kerajaan islam waktu itu, sedangkan Hagia Sophia ikon Kristen tetap dibiarkan (bergantungan) di dalam masjid oleh dinasti Utsmania. Setelah dinasti Ustmania runtuh maka Masjid ini berubah menjadi Museum sampai sekarang.

Blue Mosque adalah peninggalan dinasti Utsmania. Masjid ini lebih besar dari Hagia Sophia. Sultan Ahmed sengaja membangunnya sebagai bukti peradaban islam tidak kalah di banding Hagia Sophia yang dibangun oleh Byzantium Romawi. Kemudian bangunan penting lainnya di Turki adalah musem Topkapi. Musem ini adalah istana raja (sultan) islam dulu. Bentuknya sangat sederhana berbeda istana-istana raja di eropa yang mewah. Museum Topkapi memberikan pelajaran bahwa para sultan islam dulu sangat suka dengan kesederhanaan.

Dan terakhir adalah Makkah. Ketika penulis melaksanakan rukun Islam ke lima yaitu menunaikan Ibadah haji. Disinilah puncak keharuan terjadi. Disnilah tempat Rasulullah Muhammad SAW menerima Al-Quran kitab umat manusia. Disinilah kiblat dan tempat berkumpulnya umat muslim dunia dari berbagai ras, suku serta golongan untuk lebih mendekatkan diri kepad Sang Khalik.

Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra : Putri dan menantu bapak Amin Rais (mantan ketua MPR-RI)
Fatma Pasha : Keturunan (cucu) Kara Mustafa Pasha (panglima perang dinasti utsmania/Ottoman)
Marion: Mualaf paris (peneliti sejarah islam)

2 komentar:

  1. Mantap.... Insya Allah masa ke-emasan itu akan segera terwujud kembali di dunia islam, ini ditandai dengan munculnya shohwah islamiyah yang tak bisa di elakkan bahkan oleh barat sekalipun hari ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cepat kaya

      ,,.,KISAH NYATA ,
      Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
      Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
      dan berbagi kepada teman2 melalui room ini,
      sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
      dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
      namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
      hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
      akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta ,
      saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma,
      istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk,
      demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
      ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
      dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
      dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI KUSUMO hidupnya kembali sukses,
      awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
      dan melihat langsung hasilnya, `
      saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI KUSUMO di No :)-0'8'2-3'3'5'-9'4'7'-8'8'8-:).
      Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim,
      Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya,
      akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
      semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
      kini saya kembali sukses terimaksih KI KUSUMO saya tidak akan melupakan jasa AKI.
      JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH,
      SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI KUSUMO DI :)-0'8'2-3'3'5'-9'4'7'-8'8'8-:)

      ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

      Pesugihan Instant 5 MILYAR
      Mulai bulan ini (oktober 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal,
      serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar,
      Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

      Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
      Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
      dll

      Syarat :

      Usia Minimal 21 Tahun
      Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
      Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
      Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
      Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

      Proses :

      Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
      Harus siap mental lahir dan batin
      Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
      Pada malam hari tidak boleh tidur

      Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

      Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
      Ayam cemani : 2jt
      Minyak Songolangit : 2jt
      bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

      Prosedur Daftar Ritual ini :

      Kirim Foto anda
      Kirim Data sesuai KTP

      Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 5 MILYAR

      Kirim ke nomor ini : -0'8'2'3'3'5'9'4'7'8'8'8-
      SMS Anda akan Kami balas secepatnya

      Maaf Program ini TERBATAS hanya untuk beberapa Orang saja..

      Hapus