Sabtu, 02 Maret 2013

Goyang yuk…!!!

Setelah gangnam style, kini harlem shake yang mulai populer. Kedua yang saya sebutkan adalah tari modern yang kini sedang tren-tren. Saya tidak tau secara mendetail seluk beluk tari ini, tapi yang pasti adalah mereka dibesarkan serta dipopulerkan melalui revolusi tekhnologi media.

Meskipun memiliki manfaat tari (goyang) seperti ini tapi sesungguhnya tidak terlalu berbeda dengan tari yang lain. Tari atau goyang memilikii perbedaaan satu sama lain. Dengan perbedaan itu membuatnya khas sehingga memiliki keunggulan tersendiri yang kadang tidak dimiliki oleh tari lain.

Di era perkembangan media di abad 21 ini, segala sesuatu yang sebelumnya tidak dikenal bisa menjadi heboh bahkan wah. Di sinilah peran media terutama media sosial dan media massa (komersial) yang menggembor-gemborkannya. Sehingga masyarakat media menjadi tergerak untuk menggunakannya serta menghebohkannya pula hingga menjadikannya gaya hidup meskipun mereka tidak tahu efek sosial yang dihasilkan.

Kurang lebih seseorang pernah bertanya pada saya: apakah ada tari tradisional yang bisa berkaliber global seperti gangnam style dan harlem shake?. Tergantung bagaimana kita menguasai media. Demkian jawabanku.

Dalam peradaban kapitalisme lanjut seperti hari ini, media merupakan hal yang sangat urgen untuk mendukung misinya. Dengan media mereka mengalirkan segala kepentingannya untuk mempengaruhi masyarakat media. Dalam logika perang, siapa yang memiliki kekuatan besar dan strategi hebat maka akan menang. Sedangkan yang lemah dan kurang bersiasat akan kalah dan hanya akan menjadi korban pengaruh dari pemenang.

Sama halnya dengan tari harlam shake dan gangnam shake seperti pertanyaan seseorang tadi. Siapa yang memiliki kekuatan dan strategi akan berhasil mempopulerkannya sehingga menjadi “wah”. Dengan kata lain tari tradisional bisa saja menjadi “booming” dan “wah “ jika kita menguasai media sosial dan media massa (komersial). Memang media sosial terutuma di Indonesia bisa digunakan siapa saja tapi peran media massa (komersia) juga memiliki andil yang cukup besar dalam mempopulerkan sesuatu.

Fenomena budaya seperti ini memiliki efek sosial yang cukup luas terutama ekonomi dan budaya. Terlepas dari itu semua, gangnam style dan harlem shake memiliki ke khasan tersendri. Setidaknya dapat membuat penarinya senang. Ayo menari tapi jangan lupa dengan tari tradisional kita, karena di sana ada kearifan lokal yang sangat indah.

~Makassar, 2 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar