Minggu, 28 April 2013

Tentang kematian ( ustadz uje)

Tiap-tiap yang bernyawa pasti akan mendapatkan kematian. Tak seorang pun yang dapat menghindar dari takdir ini. Akan ada waktu dimana jantung ini tidak akan berdetak dan nafas akan terhenti. Di situlah terjadi pemisahan jasad dan jiwa menuju alam selain dunia.

Dalam perputaran waktu kita tak tau kapan waktu yang akurat. Kita tau hingga kita mengalaminya. Dia bagaikan sosok yang selalu berjalan mendekat dalam setiap perjalanan waktu. Detik berganti menit kemudian ke jam, hari, minggu, bulan, tahun dan seterusnya maka sesungguhnya dia semakin mendekat. Umur manusia semakin hari semakin bertambah tapi tahukah bahwa pada saat yang sama justru usia kehidupannya semakin berkurang? yah, itulah kehidupan dimana kita memiliki jatah hidup dan pada batasnya adalah kematian.
 
Dalam beberapa hari terakhir ini, Indonesia kehilangan seorang tokoh agama (islam), ustadz Jefry Al buchori (ustadz Uje) yang cukup popular di kalangan masyarakat. Dia dikenal oleh hampir seluruh segmen masyarakat, karena ke piawaiaannya dalam membawakan ceramah agama. Jika selama ini agama banyak dipahami sebagai sesuatu yang sakral sehingga banyak yang mengisolasinya dalam kebudayaan modern. Dia hadir sebagai ‘anak muda’ yang mampu mendobrak itu sehingga kekakuan agama yang ‘monoton’ dapat mengimbangi dinamika modernitas tanpa menghilankan esensi dari agama (islam).
 
Hal inilah yang coba diterobos oleh Uje (Alm). Dia mencoba memosisikan diri dalam dunia modernitas dengan membawa islam kedalamnya. Dia kemudian dikenal dengan ustadz gaul karena selalu menggunakan istilah atau idiom anak gaul. Bahkan dia juga terlibat dalam kehidupan-kehidupan layaknya anak gaul (memiliki gank motor). Sehingga dari kalangan anak muda banyak yang mengenalnya.

Kematiannya cukup fenomenal. Wajar saja, Uje merupakan putra terbaik yang dimiliki bangsa ini. Dia bisa menjadi tokoh muda inspiratif. Dia adalah sosok manusia Indonesia yang mampu bangkit dalam dunia ‘gelap’ menuju kehidupan ‘terang benderang’. Maka patutlah bangsa ini kehilangan tokoh seperti beliau.
 
Di tengah bangsa yang berada dalam suasana degradasi moral yang cukup rumit maka sosok seperti beliau sangat dibutuhkan. Beliau bisa menjadi oase kehidupan yang mulai kering dengan nilai-nilai spirtualitas. Tapi pada akhirnya Tuhan punya rencana lain yang lebih indah yang belum kita ketahui. Beliau akhirnya harus di panggil mengadap-Nya.
 
Semoga semua dosanya terampuni dan mendapatkan tempat yang layak layak di sisi-Nya. Serta semua jasa-jasasnya bisa menjadi amal jariyah yang pahalanya terus mengalir kepadanya. Dan tak lupa, smoga perjalan kehidupannya dapat mejadi inspiratif serta dakwanya islam (khsususnya) terus berlanjut. Amin. Mungkin akan lebih baik perlu ada penulisan tentang biografi kehidupannya. Seandainya Allah memberi kesempatan maka saya bersedia menulisnya. Amin.
 
~Makassar, 27 April 2013

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus