Jumat, 31 Juli 2015

Sedikit tentang seminar AIPI

Pembicaraan mengenai ilmu pengetahuan tidak akan ada habisnya. Apalagi berapa jumlah ilmu pengetahuan yang ada di semesta sejak waktu yang asali hingga waktu yang tak jelas akhirnya. Coba saja kita menghitung, hingga engkau akan mati atau anak cucu turunan-turunan bahkan sampai kiamat terjadi, ilmu ini tidak akan mampu terhitung. Karenanya bagi pencari ilmu akan mahfum perihal waktu yang sempit dengan ilmu yang banyak dimana kita tidak akan mampu mencerna semua ilmu hingga hayat akan menjemput nanti. Bahwa demi masa dimana manusia dalam kerugian, betapa banyak ilmu sedangkan kita tidak punya waktu yang cukup dan selalu menyia-nyiakannya.

Baru-baru ini saya mengikuti seminar yang diadakan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) di Universitas Hasanuddin. Seminar ini sebagai bentuk sosialisasi untuk membangkitkan gairah mencari dan mengembangkan ilmu melalui peneltian, berikut tentunya akan diimplementasikan pada pembangunan bangsa Indonesia. Bagiku inisiatif atas kegiatan ini adalah sangat baik. Apalagi selalu ditampilkan data perbandingan antara jumlah karya ilmiah antarnegara atau jumlah tekhnologi (sains), kita Indonesia selalu tertinggal jauh. Padahal ilmu pengetahuan merupakan indikator yang sangat menentukan maju tidaknya sebuah bangsa.

Saya tidak ingin menguraikan mengapa ‘kekhilafan’ dan ‘kekalahan’ ilmu pengetahuan (pendidikan) ini terjadi. Akan terlampau panjang untuk dipaparkan. Jauh lebih penting kita cukup belajar dari kesalahan-kesalahan dan berhenti menyalahkan serta siap mengevaluasi apa yang telah terjadi dalam dunia pendidikan dan segala yang terkait dengannya.

Dalam seminar itu, saya mengagumi beberapa tokoh intelektual yang menjadi narasumber dan juga merekalah sebagai bagian dari anggota oraganisasi di atas (baca: AIPI). Begitu cerdas dan semangat mereka dalam menemukan dan menggali ilmu sangat tinggi – alasan ini sehingga mereka dipercaya untuk menjadi anggota AIPI – menjadi inspirasi tersendiri bagi banyak yang hadir saat itu, tak terkecuali saya. Dari sekian narasumber, ada seorang nama yang menurut saya tidak asing dan cukup dikenal dalam dunia ilmu sosial dan juga birokrasi (pemerintahan) baik di Indonesia bahkan di dunia. Maklum saja, karena saya banyak bersentuhan dengan ilmu-ilmu sosial.

Beliau adalah Bapak Emil Salim. Paling banter, saya hanya mendengar nama dan pemikirannya dalam diskusi-diskusi atau melihatnya di televisi. Atau membaca buku dan artikel yang berkaitan dengan beliau. Tapi kali ini saya baru pertama kali bertemu secara langsung. Saat itu saya menyimpulkan bahwa beliau memang tokoh hebat. Bagi seorang yang paham, akan dapat mengidentifikasi kedalaman intelektual seseorang dari bagaiamana dia berbicara (berargumen), bahwa ‘berisi’ atau tidaknya muatan pembicaraannya.

Alhamdulillah, Allah masih terus memberikan semangat intelektual untuk menggali dan mencintai ilmu pengetahuan. Kehadiran dikegiatan tersebut membuat saya semakin bersemangat untuk “berpetualangan” dalam dunia ilmu pengetahuan. Menemukan, mengumpulkan serta mensintesiskan kembali menjadi ilmu pengetahuan yang baru untuk dimanfaatkan oleh siapapun. Aamin.

Saya mengapresiasi keberadaan lembaga ilmu pengetahuan ini. Apalagi jika kita menilik sejarah terbentuknya lembaga ini bukanlah selalu berada pada ruang yang “suka” melainkan juga “duka”. Dimana dalam perjalannya cukup sengit berhadapan dengan faktor-faktor politik dan ekonomi. Sehingga sering terjadi situasi ekonomi dan politik menjadi penghambat perkembangannya. Tidak mengherankan, isu pendidikan harus tunduk pada isu ekonomi dan politik hingga dia terbenam menjadi “yang lain”. Padahal pendidikan adalah mesin peradaban. 

Akhirnya saya masih bertekad untuk menjadi intelektual besar di Indonesia bahkan di dunia. Aamin.

~Makassar, 14 Syawal 1436 / 31 Juli 2015

1 komentar:

  1. ..............KISAH NYATA..............
    Ass.Saya Bpak.Apri Yanto Dari Kota Surabaya Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Kanjeng,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Kanjeng alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Kanjeng Taat Pribadi di nmr 085325576777 Kyai Dari Probolinggo,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.


    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!


    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))


    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

    Kirim ke nomor ini : 085325576777
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    Maaf Program ini TERBATAS hanya untuk 25 Orang saja..

    BalasHapus