Bismillahirrahmanirrahiim, Just do it. Lakukan saja.

Bismillahirrahmanirrahiim. Baiklah mulai lagi  menulis di blog ini. Sebelum-sebelumnya juga saya sering kata demikian. Tapi saya tidak konsisten. Mari tertawa. Haha. Semoga kali ini dan seterusnya sudah konsisten (istiqomah). Aamiin. Istiqomah ini yang penting dalam perjuangan. Perjuangan apapun.

Mau jadi penulis hebat, yah harus rajin menulis. Tidak ada kunci lain. Latihan. Saya pernah baca pengantar sebuah novel dari penulis yang cukup terkenal di tanah air. Dia katakan ketika ada yang bertanya tentang kemampuannya menulis novel yang bagus. “Jangan pikir saat tidur saya bermimpi ketiban bulan, setelah bangun tidur tiba-tiba langsung bisa menulis dengan baik,” kurang lebih demikian jawabannya.

Pointnya adalah tidak ada yang instan untuk menguasai sebuah keahlian termasuk menulis. Mungkin hanya mie instan atau makan instan lain yang instan. Hehe. Kalau untuk keahilian, sekali lagi tidak ada yang instan. Bahkan kata motivator, kita butuh 11 ribu jam terbang untuk bisa jadi pakar di sebuah bidang.

Karenanya saya ingin menulis lagi di blok ini walaupun hal yang remeh temeh. Karena saya yakin, hal kecil jadi besar jika dilakukan terus menerus. Lakukan saja, nanti akan ada hasilnya. “Kita tidak tau apa yang kita lakukan ini hasilnya apa, tapi kalau kita tidak lakukan apa-apa maka tidak akan ada hasil” kalau tidak salah ini kata Mahatma Gandhi yang orang India itu.

Mungkin ini dulu pembukaan tulisan di blog ini untuk mengawali tahun ini. Meramaikan tulisan di blog ini sebenarnya adalah salah satu resolusiku. Tengkiu. Puji syukur kehadirat Allah SWT. Alhamdulillah. Bismillahirrahmanirrahiim.

~Bau-bau, 15 Januari 2021

Komentar