Jumat, 25 Maret 2011

Aksi lawan neoliberalisme di wakatobi

(aksi melawan neoliberalisme di wakatobi/ foto: koleksi galaksi makassar)

Pernyataan Sikap
Gerakan Penyelamat Demokrasi (GALAKSI)-Makassar

Sesungguhnya, Indonesia memiliki potensi kekayaan alam yang kaya raya, makanya tak aneh bila Indonesia dijuluki sebagai zamrud khatulistiwa. Potensi kekayaan alam
Indonesia antara lain, kekayaan hutan, perkebunan, kelautan, BBM, emas dan barang-barang tambang lainnya. Menurut data, Indonesia memiliki 60 ladang minyak (basins), 38 di antaranya telah dieksplorasi, dengan cadangan sekitar 77 miliar barel minyak dan 332 triliun kaki kubik (TCF) gas. Kapasitas produksinya hingga tahun 2000 baru sekitar 0,48 miliar barrel minyak dan 2,26 triliun TCF. Ini menunjukkan bahwa volume dan kapasitas BBM sebenarnya cukup besar dan sangat mampu mencukupi kebutuhan rakyat di dalam negeri.

Seperti halnya di kabupaten WAKATOBI-SULAWESI TENGGARA, selain memiliki kekayaan sumber daya alam laut, ia pula memiliki gugusan pulau-pulau indah yang sudah barang tentu menjadi incaran investor dalam dan luar negeri untuk menguasainya. Namun sekali lagi aset daerah yang sudah pasti dapat menjamin kualitas PENDIDIKAN, KESEHATAN dan SARANA PUBLIK yang lainnya sama sekali tidak dimanifestasikan sepenuhnya pada rakyat WAKATOBI. Diberbagai daerah bahkan belahan dunia yang lain, nama WAKATOBI bukanlah sesuatu yang asing ditelinga para pemburu keindahan, karena WAKATOBI melalui Bupati HUGUA dan beberapa mesin Jasa Wisata yang Ia miliki, dipasarkan secara total dan tanpa tanggung tanggung. Tak Heran beberapa pulau dari gugusan kepulauan WAKATOBI telah menjadi daerah privat yang sulit diakses oleh nelayan tradisional dan rakyat yang ingin mencari makan.

Pengambilalihan pengelolaan kawasan konservasi laut oleh lembaga-lembaga internasional The Nature Conservation (TNC), World Wild Foundation (WWF) dan Conservation International (CI) dalam skema CTI sebenarnya bertentangan dengan Pasal 33 ayat 1, 2, dan 3 UUD 1945 yang menempatkan peran negara sebagai pengelola utama kekayaan alam dalam bumi dan air telah bertolak belakang dengan keadaan wakatobi saat ini. Sebagai contoh, telah bercokolnya salah satu perusahaan asing PT Wakatobi Dive Resort yang dikelolah oleh Mr. Lorenz Mader salah-satu kapital asal negara Swis. Disatu sisi pemerintah malah bangga dengan aturan ini dan malah memberikan legitimasi. Ditambah lagi justru ada oknum pemerintah yang terlibat dalam privatisasi sumberdaya alam wakatobi.

Dengan momentum pemilukada wakatobi yang merupakann momentum baru untuk menentukan perubahan nasib wakatobi kedepannya. PILBUP (Pemilu Bupati) dan PILWAPUB (Pemilu Wakil Bupati) di Wakatobi bukanlah sekedar momentum pergantian rezim politik. PilBup dan PilWaBup adalah momentum terjadinya perubahan total atas terpenuhinya kesejahteraan rakyat, berdirinya kedaulatan, dan tegaknya kemandirian nasional sebuah daerah.

Terkait dengan hal tersebut di atas maka kami dari GERAKAN PENYELAMAT DEMOKRASI (GALAKSI)-Makassar menyatakan sikap sbb:

1. lawan neoliberalisme
2. Hilangkan intimidasi hak politik
3. ciptakan pemilu cerdas di wakatobi
4. tinjau ulang kontrak karya dengan pihak asing di wakatobi
5. tolak money politik
6. lindungi dan berikan hak akses bagi nelayan tradisional dalam mengelola wilayah tangkapannya
7. ciptakan lapangan kerja
8. transparansi birokrasi pemda di wakatobi
9. selamatkan kearifan lokal di wakatobi
10. tinjau ulang zonasi perairan laut di wakatobi
11. sediakan transportasi laut lintas wakatobi
12. buka akses komunikasi dan informasi
13. mendesak KPUD WAKATOBI untuk bersikap netral
14. hilangkan kolusi dan nepotisme
15. tolak privatisasi pulau di wakatobi
16. hapuskan rasisme di wakatobi
17. permudah akses pendidikan dan kesehatan

2 komentar:

  1. btul, wakatobi dgn bupati hugua akan semakin membawa wakatobi dlm jeratan neoliberalisme.
    ayo trus lawan kawan, kasian rakyat wakatobi korban pembodohan hugua

    BalasHapus
  2. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus