Senin, 18 November 2013

baca baca bacalah...!!!

iqra. bacalah. demikian ayat yang pertama turun dalam kita agama islam. membaca memiliki makna yang luas. bukan hanya sebatas membaca teks-teks (literal). lebih dari itu, membaca juga dapat dilakukan dengan melihat fenomena-fenomena lingkungan sekitar dan alam semesta. bahkan jika di renungi lebih dalam sesungguhnya tradisi tulisan yang kita baca berawal dari pembacaan terhadap fenomena-fenomena sekitar secara tersirat (tidak tertulis).

lihatlah, bagaiamana newton menemukan gaya gravitas bumi dengan hanya duduk di bawah pohon kemudian mempertanyaakan kenapa buah atau setiap benda harus jatuh kebawah. akhirnya dia berkesimpulan ternyata ada gaya tarik bumi (gravitasi bumi). kemudian dalam ilmu fisika di tuliskan dengan g=9,8 m/s2. atau mari belajar pada ibnu khaldun. beliau seorang sosiolog muslim dan juga merupakan peletak dasar-dasar ilmu sosial di dunia. sebelum beliau menuliskannya dalam kitab yang berjudul 'muqqadimah', terlebih dahulu melakukan pengamatan kehidupan sosial politik disekitarnya serta pengembaraan yang dilakukannya.

betapa pentingnya, akal atau membaca. sehingga harus menempati urutan pertama dalam perintah Tuhan. bukan shalat, bukan puasa, bukan melarang zina atau khamar (miras) dan perintah lainnya melainkan bacalah. kita di anjurkan untuk memahami dulu sebelum melakukannya agar tidak mengikuti setiap perkara/perintah dengan tidak mengetahui ilmu pengetahuan tentangnya (taqlid buta).

bacalah. tanpa membaca engkau tidak akan mengetahui tentang arti kehidupan. apalagi untuk menjawab permasalah-permasalah yang muncul dalam kehidupanmu. karna membaca adalah cara menemukan ilmu serta kebijaksanaan. ilmu adalah alat untuk menaklukan kehidupan. bahkan francisco bacon, seorang tokoh reformis yang membawa peradaban barat ke abad pencerahan pernah berakata: jika ingin menguasai dunia, maka bacalah atau kuasailah ilmu.

maka jadikanlah setiap tempat adalah perpustakaan dan orang yang kau temui adalah guru bagimu. bacalah dalam setiap kesempatan. bacalah...!!!

 ~coret-coret malam,  di kafe pintu nol unhas, 17 november 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar